Field Trip Peserta LPTM

Field Trip kali ini diikuti oleh peserta pelatihan alat berat dan mekanik LPTM dari beberapa angkatan. Perjalanan ini bertujuan untuk melatih kekompakan para peserta dan mengistirahatkan pikiran dengan menikmati pemandangan hijau di Pandala.

Ingin tahu lebih lanjutt?
Pada pukul 8 pagi para peserta telah berkumpul di kantor LPTM dan melakukan briefing serta doa bersama yang dipimpin oleh instruktur.
Selama perjalanan ke Takalar, para peserta memperkenalkan diri satu persatu dan membagikan cerita-cerita menarik serta kesan-kesannya selama berlatih di LPTM.
Sebelum tiba di lokasi tujuan, para peserta menikmati jagung khas takalar yang sangat rugi untuk dilewatkan.

Setibanya di Pandala – Hutan Terapi Bitti, para peserta berjalan menikmati pemandangan dan mengabadikan momen dengan berfoto bersama. Kemudian instruktur memperkenalkan biopori pada para peserta, mulai dari manfaat biopori, metode pembuatannya hingga cara menjaganya. Kini terdapat ratusan biopori yang telah tertanam di Hutan Terapi Bitti.

Waktu makan siang pun tiba, para peserta menikmati santap siang di rumah Dg. Jarre yang kemudian dilanjutkan dengan istirahat siang.
Energi sudah kembali setelah beristirahat sekarang waktunya lanjut ke PPLH Puntondo. Para peserta dapat menikmati keindahan alam yang bersentuhan langsung dengan bibir pantai.

SISWA SISWI SMK KEHUTANAN MAROS FIELD TRIP DI PROYEK PANDALA

Sebanyak 25 siswa putra dan putri disertai KepSek melaksanakan Field Trip di Proyek Hutan Perahu Pandala dari tgl 23 s/d 25 Agustus 2016 lalu. Berbagai kegiatan yang dilakukan termasuk:
  1. Wandering dan pengenalan wilayah
  2. Menanam bibit pohon
  3. Membuat sumur resapan dan dan pengisian bahan organik utk menjadi pupuk organik
  4. Malam renungan dengan api unggun
  5. Mengunjungi beberapa tempat rekreasi pantai.
Tiba di lokasi Proyek PANDALA
Tiba di lokasi Proyek PANDALA
Siap utk open air wandering dan orientasi lapangan
Siap untuk open air wandering dan orientasi lapangan
Fresh and open air wandering
Fresh and open air wandering
Orientasi lapangan
Orientasi lapangan
IMG-20160829-WA0007[1]
Sarapan pagi sebelum kegiatan lapangan
Sarapan pagi sebelum kegiatan lapangan
Apel pagi sebelum mulai pekerjaan
Apel pagi sebelum mulai pekerjaan
IMG-20160824-WA0075[1]
Bekerja dlm kelompok menyiapkan penanaman pohon
Melakukan penanaman dan pemupukan
Melakukan penanaman dan pemupukan
Meambuat lobang resapan air hujan dan pengisian bahan organik
Membuat lobang resapan air hujan dan pengisian bahan organik
Sarapan sebelum kegiatan hari berikut
Sarapan sebelum kegiatan hari berikut
Doa bersama dialam terbuka diatas pebukitan
Doa bersama dialam terbuka diatas pebukitan
IMG-20160829-WA0008[1]
IMG-20160829-WA0009[1]
Acara api unggun (BON FIRE)
IMG-20160829-WA0010[1]
Ikrar renungan
Mengunjungi lokasi wisata pantai
Mengunjungi lokasi wisata pantai
Ceriah bersama dirumah adat sebelum menuju pulang.
Ceriah bersama dirumah adat sebelum menuju pulang.

Information in English

 Information in English

For our IFAT Expo visitors we apologies than at the moment we are not able to provide all information in English. In pages Download, Education and Research and Tourist Services you may find information in English. If you should use google translation it will help for some extend. Sorry for this inconvenient. You could leave your email address and we will contact you early as possible. In few days we will have our website http://www.edu-naturecare.com will be ready.

Rotary Club of Makassar Bagi Bingkisan

 

Rotary Club of Makassar Bakti Sosial Tgl. 19 Maret 2016 di proyek Pandala

Rotary Club of Makassar (RCM) suatu organisasi social di Makassar dalam salah satu kegiatannya adalah bekerja sama dengan LPTM melakukan pembinaan dan pengabdian masyarakat di proyek Penghijauan di Desa Pandala.

Setiap bulan Ramadhan RCM bersama LPTM mengadakan acara buka puasa bersama masyarakat Dusun Pandala.

Pada hari Sabtu lalu tgl. 19 Maret 2019 dengan dipimpin oleh Presidentnya Rotarian Faradibah bekerja sama dengan LPTM melakukan bakti sosial dengan membagikan bingkisan pakaian bekas kepada masyarakat di lokasi proyek Reforestation Pandala.

 

20160319_131828[1]

Pembagian bingkisan oleh Pres. RCM Faradibah Said

 

Pembagian bingkiran oleh Ibu Hasnawati Baharuddin, Direktur Keuangan LPTM

Pembagian bingkiran oleh Ibu Hasnawati Baharuddin, Direktur Keuangan LPTM

Makan siang bersama masyarakat Pandala

Makan siang bersama masyarakat Pandala

Pondok Panggung Hijau

Pondok Panggung Hijau

Pondok Panggung Hijau

Sedang dibangun sebuah pondok yang dibuat agak tinggi sehingga bila berada diatasnya bisa memandang jauh kedepan menikmati pemandangan. Dibuat 4 x 4 m2 cukup untuk menampung satu rombongan untuk istirahat dan menikmati bekal yang disediakan.

Kedelapan tiangnya dibuat dari bahan kayu hidup yang akan terus bertumbuh rindang dan akan meneduhi pengunjung pondok yang sedang beristirahat. Sehingga terjadi kesejukan alami dan penuh fantasi sebagai pondok hijau dilindungi oleh daun rindang 8 pohon hidup. Bila digunakan dimusim hujan, dapat dipasangi tenda dibawah dedaunannya untuk menangkal air hujan.

Penyerahan Bibit Bitti Sumbangan Clarion Hotel

Penyerahan sumbangan bibit Bitti dari Clarion Hotel Makassar diterima oleh Kepala Dusun Pandala Roa Daeng Maling.

Penyerahan sumbangan bibit Bitti dari Clarion Hotel Makassar diterima oleh Kepala Dusun Pandala Roa Daeng Maling.

Bulan Januari lalu telah diserahkan bibit Bitti siap tanam sumbangan Clarion Hotel and Convention Center Makassar. Kegiatan ini merupakan bagian dari kerja sama antara Hotel Clarion dan LPTM yang salah satu tujuannya adalah menuju Green Hotel bagi Clarion. Bagi LPTM bantuan ini menunjang upaya restorasi lahan di Pandala

Menara Pandang

Menara Pemandangan diatas mana pemandangan sekitar dapat dinikmati

Menara Pemandangan diatas mana pemandangan sekitar dapat dinikmati

MENARA PANDANG DENGAN BATANG POHON TUMBUH

Sejak awal 2015 kami membangun satu Menara Pandang atau Viewing Tower dengan ketinggian bertingkat yaitu 1,5 m, 2,5 m dan 4 m. Pengunjung dapat naik ke Menara Pandang sesuai ketinggian yang disukai. Diatas menara kita dapat menikmani pemandangan sekitar yang luas dan cantik.

Menara dibuat dari batang kayu Tammate yang tumbuh berakar sehingga mantap berdiri  kokoh dan aman. Makin lama tiang2nya akan bertumbuh dan berdaun rimbun yang akan membuat menara ini makin alami dan penuh fantasi. Bagi pengunjung murid sekolah ada pengawasan dan pendampingan sehingga faktor keamanan dijaga dengan ketat.

Dari atas menara dapat melakukan foto Selfie untuk membuat kenangan indah dalam kehidupan dialam bebas.

Keluarga Menanam

Keluarga Arisan Menanam Pohon Bitti

Ada berbagai cara melakukan aktifitas bersama untuk menjalin silaturrahmi sambil beramal shaleh. Sekali sekali arisan diluar kota sambil menanam pohon disamping untuk penyegaran juga sebagai amal shaleh dalam ikut memikirkan penyelamatan lingkungan hidup. Itulah yang dilakukan Kelompok Arisan Misfalah di lokasi proyek restorasi lingkungan di Pandala.

Ibu2 warga Kelompok Pengajian Misfalah menanam pohon Bitti

Ibu2 warga Kelompok Pengajian Misfalah menanam pohon Bitti

Pohon yang rindang dapat menyerap karbon dioksida dan mencegahnya terbang keudara yang akan merusak lapisan Ozon yang berpengaruh terhadap cuaca. Perubahan cuaca akan menaikkan suhu bumi yang mengakibatkan banyak penyakit. Juga mengacaukan siklus iklim yang menyusahkan petani sehingga banyak gagal panen. Menanam pohon berarti membantu mencegah hal ini terjadi.

Untuk acara ini kami memfasilitsi tenda untuk berteduh, bercakap-cakap, makan siang bersama dan acara lainnya. Tenda dapat juga dibawa dari rumah. Makanan dapat dibawa sendiri atau kalau ingin menikmati masakan petani dapat dipesan sebelumnya. Tersedia mesjid untuk shalat berjamaah dan ceramah agama atau ceramah mengenai penyelamatan lingkungan hidup demi menciptakan masa depan yang lebih baik bagi anak2 kita. Kami mengharap sumbangan untuk membantu proyek ini sesuai kegiatan yang dilakukan yang tarifnya dapat dilihat pada page lain web site ini. Hubungi kami untuk membantu perencanaan wisatanya.

Tawaran Wisata Pendidikan

Kami melakukan upaya konservasi alam dengan menanam pohon Bitti bersama masyarakat petani di Dusun Pandala, Desa Laikang, Kecamatan Mangara Bombang, Kabupaten Takalar. Untuk mendapatkan dana dalam menunjang upaya konservasi kami menawarkan Paket Wisata Pendidikan bagi kelompok murid dan siswa sekolah dan mahasiswa untuk berwisata sambil memantapkan pengetahuan lingkungan dan ilmu tanaman.

Tersedia paket2 kegiatan wisata pendidikan antara lain, menanam pohon, out bound, open air wandering (jalan2 sambil menikmati pemandangan), api unggun, makan bersama dengan menu petani, English Adventure Camping, Deutsche Sprache Wanderung und Zelten dan menanam pohon Bitti. Kunjungi pilihan kegiatan yang kami tawarkan di web site ini. Atau hubungi kami langsung di 0811448058