EKOWISATA

welcome to pandala

KAMPUNG BIOPORI

saat ini lubang resapan biopori menjadi salah satu fokus kegiatan LPTM. tujuannya adalah agar masyarakat memperoleh edukasi yang tepat mengenai biopori sehingga bencana seperti banjir dan kekeringan bisa teratasi.

pandala merupakan dusun yang terletak di desa laikang kecamatan mangarabombang kabupaten takalar. berjarak kurang lebih 51 KM dari kota makassar, pandala menyimpan keunikannya sendiri.

selain mengandalkan hasil kebun dan sawah, masyarakat pendala juga banyak yang berprofesi sebagai petani rumput laut. hal tersebut dikarenakan kawasan desa laikang merupakan wilayah pesisir.

sebagai wilayah pesisir, kekeringan adalah hal yang sering mereka alami tiap musim kemarau tiba. hal tersebut bisa saja dikarenakan kurangnya stok air tanah di wilayah tersebut. hal inilah yang kemudian mendorong LPTM bekerjasama dengan masyarakat setempat untuk menciptakan dusun bebas banjir dan kekeringan dengan memanfaatkan teknik sederhana yakni lubang resapan biopori.

lubang biopori terbukti efektif dapat menyerap air hujan lebih banyak karena daya resapnya yang cukup tinggi. sehingga dengan itu diharapkan dapat menjadi cadangan air tanah yang tentunya sangat berguna bila musim kemarau tiba.

Konservasi dan pendidikan

Gambar ini memiliki atribut alt kosong; nama filenya adalah 20150214_123744.jpg

konservasi adalah kegiatan atau upaya-upaya yang dilakukan manusia untuk melindungi dan melestarikan lingkungan.  Indonesia, berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya pada Pasal 1 angka 2, pengertian konservasi sumber daya alam hayati adalah pengelolaan sumber daya alam hayati yang pemanfaatannya dilakukan secara bijaksana untuk menjamin kesinambungan persediaannya dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas keanekaragaman dan nilainya. 

dewasa ini, berbagai konflik ingkungan kerap kali terjadi. utamanya, di kawan ekosistem hutan. penciutan lahan dan eksploitasi alam berlebihan yang dilakukan oleh manusia menjadi faktor terbesar yg mendorong bergesernya keseimbangan alam.

hal-hal tersebut yang menjadi acuan pemerintah dalam membuat kebijakan konservasi yang kemudian tertuang dalam UU NO. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. 

sejalan dengan hal tersebut, pihak Lembaga Profesi Teknik dan Manajemen (LPTM) mengadakan program Ekowisata. wisata berbasis pendidikan lingkungan hidup ini diharapkan bisa menjadi wadah untuk mejaga dan melindungi kekayaan alam demi kelangsungan hidup generasi selanjutnya.