Green Tourism

Penyerahan sumbangan bibit Bitti kepada kelompok petani di Pandala

Penyerahan sumbangan bibit Bitti kepada kelompok petani di Pandala

Celebes Green Tourism

If you have the plan to travel in Sulawesi you can benefit the opportunity to plant trees by your self in our project or simply take along with you one or more Bitti seedling and donate it to any persons through out your traveling. You can ask your guide to stop for a while at any place where you can meet local people and present the seedling for planted in their land. People will be very happy with the present and it can be come a cultural communication. The contribution is Rp. 25.000,- (twenty five thousand rupiah) equivalent for about usd. 2.- Just give a call 0811448058 from your hotel before the traveling to destination and we will take it to you. You may also ask the hotel front office if it has it already. We work together with a number of hotel. Or you may ask your tour operator or your guide. This opportunity will really make you contribute to the saving of the earth and will benefit human kind and improve your Carbon Foot Step.

Other thing you can do to help the initiative is to donate directly. Just contact us and we will send you our bank account number where you can transfer your donation. We will present the Bitti seedling you donate to farmers in our projects.

Menyikapi Kesadaran Wisatawan Akan Pelestarian Lingkungan Hidup

Pada masyarakat dunia terutama di negara maju, kesadaran akan kontribusi seseorang yang mengadakan perjalan terhadap kerusakan yang ditimbulkannya bagi lingkungan hidup sangat tinggi. Mulai dari perjalan darat dengan mobil, kemudian penerbangan, kemudian kenikmatan di hotel dan perjalanan darat menuju destinasi wisata, semua menimbuklkan kerusakan akibat co2 yang diserapkan keudara. Gas buang kendaraan, gas buang pembangkit listrik yang mengaliri hotel semua disadari sebagai sahamnya terhadap kerusakan bumi. Ini di takar dengan istilah Carbon Foot Step atau Jejak Langkah Karbon. Orang-orang dari dunia barat sangat sadar akan Carbon Foot Step mereka.

Olehnya itu orang2 dari dunia barat akan sangat senang bila dalam perjalanan wisatanya dapat menghindari terlalu banyak menyerapkan gas buang ke udara. Maka timbullah upaya2 asosiasi perhotelan mengadakan sertifikasi hotel yang mengurangi gas buangnya dengan Green Hotel Chain. Ini suatu bukti bahwa dengan merek Green Hotel mereka dapat lebih banyak menarik pengunjung. Menarik pemikiran dari fenomena ini maka kalau Sulawesi khususnya Sulawesi Selatan dapat membangun citra sebagai destinasi wisata yang memperhatikan pengurangan penyerapan gas buang ke udara atau dalam dunia lingkungan disebut Carbon Emission Reduction (CER) maka akan menarik wisatawan yang sadar lingkungan. Pada umumnya wisatawan dari negara maju adalah orang2 yang sadar lingkungan karena disamping pendidikan juga karena desakan perkembangan selera masyarakatnya yang makin sadar lingkungan.

Upaya yang dapat dilakukan dalam membangun citra Celebes Green Tourism

Disamping berbagai upaya yang dapat dilakukan oleh semua stake holder pariwisata dalam rangka membangun citra Celebes Green Tourism adalah menyisipkan satu acara menanam pohon dalam setiap paket wisata yang ditawarkan. Kalau menanam pohon ini sulit untuk dilakukan maka sekedar menghadiahi penduduk sebatang bibit pohon kepada penduduk disalah satu titik yang dapat disinggahi sudah dapat memberi kesan. Membagi bibit pohon kepada penduduk akan memberi kesempatan bagi wisatawan untuk berkumunikasi kultural dan berjedah sejenak melepaskan lelah perjalanan. Wisatawan juga merasa senang karena dapat memperbaiki Carbon Foot Step nya.

Upaya pencitraan Celebes Green Tourism akan cepat diketahui oleh masyarakat wisata dunia terutama akan disebarluaskan oleh wisatawan2 yang telah mengalaminya. Dikombinasikan dengan upaya makin memperbaiki destinasi2 wisata yang ada maupun yang baru dikembangkan, akan melambungkan jumlah kunjungan wisata ke daerah ini.

Untuk memantu teman2 Biro Perjalanan Wisata dalam melayani tamunya dengan bibit pohon, kami telah mengembangkan usaha pembibitan pohon Bitti (Vitex Copassuss) sehingga kami dapat melayani permintaan sewaktu waktu. Dengan harga Rp. 25.000,- per bibit kami dapat mengantarkan dengan kemasan yang baik ke tempat pemberangkatan wisatawan atau ke kantor travel.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s